Penduduk, masyarakat, budaya, keluarga, dan individu

Posted on Updated on

1. penduduk, masyarakat dan budaya

Penduduk

Menurut Wikipedia penduduk adalah Orang yang secara hukum berhak tinggal di daerah tersebut. Dengan kata lain orang yang mempunyai surat resmi untuk tinggal di daerah tersebut. Maka penduduk Indonesia adalah orang yang berkewarganegaraan Indonesia dan berhak tinggal di Indonesia.

Indonesia termasuk Negara yang padat penduduk karena jumlah penduduknya yang banyak. Jumlah Penduduk Indonesia pada tahun 2005 mendapatkan peringkat 4 dunia yang saat itu berjumlah 241.973.879 jiwa. Berdasarkan publikasi BPS (Badan Pusat Statistik) pada bulan Agustus 2010, jumlah penduduk Indonesia berdasarkan hasil sensus adalah sebanyak 237.556.363 orang, yang terdiri dari 119.507.580 laki-laki dan 118.048.783 perempuan.

Masyarakat

Definisi Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) menurut wikipedia adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi hanya antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Masyarakat terbagi berdasarkan klasifikasi yang bermacam-macam. Ada yang berdasarkan cara utamanya dalam bermata pencarian, berdasarkan wilayah dimana mereka berada, dll.

Masyarakat di Indonesia terbagi menjadi banyak kategori masyarakat karena dengan Negara yang merupakan Negara kepulauan membuat masayrakatnya terpisah-pisah  maka terbagi-bagi menjadi banyak kelompok. Misal masyarakat Jawa dan masyarakat Sunda, belum lagi masyarakat jawa terbagi-bagi lagi menjadi masyarakat yang lain.

Budaya

Definisi Budaya menurut wikipedia adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Ini berarti suatu kebiasaan sekelompok manusia yang berkelanjutan.

Indonesia memiliki beraneka ragam budaya, Seperti halnya masyarakat, budaya Indonesia beraneka ragam pun disebabkan karena Negara Indonesia yang merupakan Negara kepulauan. Terpisahnya jarak membuat keadaan geografis di setiap pulau berbeda-beda sehingga setiap kelompok memiliki kebiasaan yang berbeda.  Misalnya adanya Upacara Apem Yaawiyuu di Jatinom, Klaten Bagi petani, bisa untuk tumbal sawah agar tanaman selamat dari segala bencana dan hama penyakit, tetapi upacara tersebut tidak ada di daerah irian jaya karena pada umumnya masyarakatnya bukan petani.

 

 

2. Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu

Individu adalah bagian terkecil dari kelompok. Individu hanya terdiri dari satu orang manusia saja. Individu merupakan bagian dari masyarakat. Setiap individu haruslah memiliki sifat yang baik terhadap sesama karena individu sebagai manusia yang bermakhluk sosial tidak dapat hidup secara indidualisme dan agar dapat diterima dikalangan masyarakat.

Keluarga

Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungandarah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, dihidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dalam menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan. Keluarga lebih sering diartikan dengan kelompok yang memiliki hubungan darah.

keluarga dan masyarakat

Dalam bermasyarakat peran keluarga tentu sangatlah penting. Contoh : Dalam pertumbuhan seorang anak, seorang anak belajar bersosialisasi dengan keluarga lebih dahulu sebelum mereka  bersosialisasi dengan masyarakat, Mereka akan belajar mengenai bagaimana bertutur kata dan cara berinteraksi antar sesama agar mereka diterima dan dapat menjadi bagian masyarakat tersebut. Apalagi di Indonesia yang merupakan Negara yang penghuninya masih menjunjung tinggi kebersamaan dan sopan santun peran dan fungsi keluarga sangatlah penting.



 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s