2. Individu, Keluarga dan Masyarakat Ind…

Posted on Updated on

2. Individu, Keluarga dan Masyarakat

Individu

Individu adalah bagian terkecil dari kelompok. Individu hanya terdiri dari satu orang manusia saja. Individu merupakan bagian dari masyarakat. Setiap individu haruslah memiliki sifat yang baik terhadap sesama karena individu sebagai manusia yang bermakhluk sosial tidak dapat hidup secara indidualisme dan agar dapat diterima dikalangan masyarakat.

Keluarga

Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungandarah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, dihidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dalam menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan. Keluarga lebih sering diartikan dengan kelompok yang memiliki hubungan darah.

keluarga dan masyarakat

Dalam bermasyarakat peran keluarga tentu sangatlah penting. Contoh : Dalam pertumbuhan seorang anak, seorang anak belajar bersosialisasi dengan keluarga lebih dahulu sebelum mereka  bersosialisasi dengan masyarakat, Mereka akan belajar mengenai bagaimana bertutur kata dan cara berinteraksi antar sesama agar mereka diterima dan dapat menjadi bagian masyarakat tersebut. Apalagi di Indonesia yang merupakan Negara yang penghuninya masih menjunjung tinggi kebersamaan dan sopan santun peran dan fungsi keluarga sangatlah penting.



 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s