MANUSIA

Posted on Updated on

Manusia

1. Posisi manusia diantara makhluk lain

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allh SWT termasuk binatang dan tumbuhan juga ciptaan-NYA. Akan tetapi manusia memiliki posisi yang lebih spesial dari makhluk lain. Karena perbedaannya dari makhluk lain yaitu memiliki akal pikiran yang membuat manusia bisa membedakan mana yang baik dan buruk untuk dirinya sendiri maupun orang lain dan manusia juga mempunyai hati sehingga dapat mengendalikan nafsu dan dapat menghagai orang lain. Akal pikiran yang dimiliki manusia membuat manusia bisa terus menciptakan suatu teknologi yang canggih berbeda dengan makhluk lain seperti hewan yang memang mempunyai otak namun tidak mempunyai akal pikiran. Mereka hidup berdasarkan naluri yang dimilikinya saja. Berikut ini ayat di Al-Qur’an yang menggambarkan bahwa manusia memiliki posisi yang spesial dari makhluk lain :

  • “sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Surat-Tin ayat 4
  • Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” Al isra ayat 70

2. Aspek manusia

Aspek manusia sangatlah penting dalam kehidupan ini karena manusialah yang menjadi subjek utamanya. Tidak mungkin jika suatu pekerjaan dilakukan tanpa ada subjek lalu nanti siapa yang akan mengerjakannya?. Kalau tidak ada subjek maka tidak akan pernah ada pekerjaan itu. Begitu juga dengan aspek manusia. Aspek manusia sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik budaya, maupun sosial. Karena pada dasarnya semua bidang itu terbentuk karena adanya aspek manusia dan jika tidak ada aspek manusia maka bidang-bidang tersebut tidak akan terbentuk.

3. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi. Oleh karena itu, dalam bidang kajian psikologi, para praktisi SDM harus mengambil penjurusan industri dan organisasi. Sebagai ilmu, SDM dipelajari dalam manajemen sumber daya manusia atau (MSDM).

4. Topologi manusia

Gerardus Heyman (1857-1930), seorang ahli psikologi Belanda, membagi tipologi manusia atas delapan tipe, yaitu:

  1. Tipe Nerveus (selalu gugup) : dikuasai keadaan sesaat yang meluap-luap, perasaannya mudah tersinggung, suka bicara keras-keras, haus akan emosi, kurang peka terhadap objektivitas, kurang setia, kurang dapat menguasai dirinya, dan perasaan harga dirinya tinggi.
  2. Tipe Sentimental (terlalu perasa, rapuh hati) : sangat perasa, pemalu, tertutup, berat memandang sesuatu persoalan, mudah berduka hati, lama berhati rusuh, suka menyendiri, selalu ragu-ragu, sangat terpengaruh oleh pengalaman-pengalaman lalu, mudah menyerah, serius, gemar akan soal-soal agama, dan secara istimewa dapat dipercaya mengenai keuangan.
  3. Tipe Kholerikus (mudah marah) : selalu merasa kurang puas, selalu gelisah, lekas eksplosif, mudah emosional, mau menang sendiri, objektivitasnya kurang, kurang rasional, mudah tersinggung,tapi juga perasaannya hebat dan kuat, kesukaran diatasi dengan energi yang berlebihan, dan banyak prakarsa dalam usahanya.
  4. Tipe Sanguinikus : riang, optimis, percaya kepada diri sendiri, tidak takut menghadapi  masa depan, mudah menyesuaikan diri, gerak dan bicaranya banyak, mudah mengambil prakarsa, tapi juga perasaannya tidak stabil, sifatnya mendatar, kurang konsekuen, hidupnya kurang teratur, dan reaksinya tidak dipikirkan dalam-dalam. Tipe Flegmatis cocok menjadi partnernya.
  5. Tipe Flegmatikus (kebalikan Tipe Nerveus): tenang, netral, tidak ada warna perasaannya yang jelas, tidak banyak ketegangan perasaan, mudah merasa memiliki harapan-harapan yang hebat, tidak emosional, tidak mudah terharu, tidak mudah panik, bersikap tertib dan teratur, mudah mengampuni, tapi juga perasaannya tidak begitu kuat (peka), dingin hati, penyesuaian terhadap lingkungan selalu terlambat, peranannya reaktif atau pasif, menjemukan, bersikap agak konservatif.
  6. Tipe Apathikus (a artinya tidak/tanpa, pathos/pathe artinya perasaan), merupakan kebalikan Tipe Kholerikus : aktivitasnya lamban, menyukai cara yang mudah, suka berpikir panjang, cenderung tidak bisa berbuat sesuatu, sosiobilitasnya lemah, sukar berdamai, suka menarik diri, acuh tak acuh kepada pendapat orang lain, tidak filantropis, kaku, berpegang mati-matian kepada suatu kesenangannya, bersikap tertutup, suka menyendiri, dan menjemukan.
  7. Tipe Amorf (a artinya tidak, morphe artinya bentuk) : aktivitasnya rendah, suka menunda-nunda, sifatnya datar, ceroboh, perasaan terikatnya lemah, rasa kebersamaannya terhadap orang lain kurang (kurang feeling atau belonging), sosiobilitasnya rendah, kurang belas kasihan, tidak jujur, egoistis, selalu berubah menurut situasi, mudah terpengaruh, suka sombong, ingatannya kurang baik, dan tidak teliti.
  8. Tipe Gepassioneed (passi atau passio artinya derita atau hawa nafsu), kebalikan Tipe Amorf : selalu sibuk dan rajin, jangkauannya jauh kedepan, hidup sangat teratur, penuh cita-cita besar, perasaan keterikatannya sangat kuat, lama terpengaruh oleh rangsangan dari luar, terikat kepada pengalaman lama, amat religious, sosiobilitasnya tinggi, suka bicara mengasyikkan, penuh belas kasihan dan harmonis, idenya besar, akurat, jujur, dan baik hati.

sumber:

http://id.wikisource.org/wiki/Al-Qur’an/Al-Isra’

http://sintamianandapramudia.wordpress.com/2010/12/31/tipologi-manusia/

http://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s